Thursday, November 1, 2012

Tips Terhindar dari Penipuan Toko Online Fiktif

Dunia maya yang dihuni oleh berbagai jenis watak manusia di seluruh dunia sebagai sarana memperoleh informasi, pertemanan melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter de el el. Jika kita berteman dengan seseorang melalui dunia maya kita tidak tahu sifat asli dari teman tersebut sehingga kita wajib berhati-hati.

Salah satu hal negatif dunia online adalah dengan adanya para penipu yang melakukan transaksi dengan berkedok toko online. Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kasus penipuan semacam ini, padahal cara menghindar dari para pelaku toko online palsu sangat mudah.

Beberapa cara yang saya pelajari dan sampai saat ini mudah-mudahan belum sampai tertipu, bahkan sudah puluhan toko online yang saya gunakan untuk belanja jika ada pesanan datang dari konsumen saya. Adakalanya saya langsung melakukan pembayaran sesuai dengan harga diwebsitenya walaupun cs, ym support belum saya hubungi. saya berani lakukan karena sudah mengecek beberapa hal dibawah ini:

1. Lihat kondisi website toko online tersebut apakah profesional atau hanya dibuat sekedarnya. Jika tampilan sederhana kita harus mengecek lagi melalui googling dsb.
2. Lihat Contact support yang dipasang di websitenya, jika hanya menggunakan email dan no handphone sebaiknya anda berhati-hati.
3. Lihat harga yang dicantumkan, jika terlalu murah misalnya harga Samsung Galaxy Tab harga pasaran Rp. 6700.000,- ditawarkan dengan harga 50% atau Rp. 3.350.000,- sebaiknya langsung tinggalkan website yang bersangkutan.
4. Lihat jenis barang yang dijual, tanya ke support beberapa jenis barang. jika jawabannya semuanya ada stock anda harus berhati-hati karena pengalaman saya belum ada satupun toko online yang mampu menjaga ketersediaan stocknya selalu ready. Jadi sangat aneh jika barang apa saja yang kita tanya jawabannya selalu ready. Walaupun kita berniat beli flashdisk seharga Rp. 60.000,- tidak ada salahnya kita menanyakan notebook seharga Rp. 20.000.000,-.
5. Lihat alamat lengkapnya dan coba bilang untuk COD saja melalui teman anda yang ada dikota tempat alamat toko online tersebut, jika menolak pasti mau menipu.
6. Toko online yang menggunakan situs atau blog dengan hosting gratisan, akses situs yang lamban, atau pun tampilan yang seadanya. Saya tidak mengklaim bahwa semua yang menjual melalui blog itu penipu dan sebaliknya tidak semua toko online domain com itu jujur,  akan tetapi jika ingin berbisnis dengan jujur tentu akan menggunakan domain.com dengan hosting bagus dan website profesional.
7. Lihat garansi barang yang dijual, jika tidak ada dipastikan mereka penipu.
8. Lihat testimoni yang ada diwebsite, toko online yang jujur testimoni berasal dari akun member sedangkan toko online penipu akan memasang testimoni berbentuk gambar jika klik kanan ada pilihan "Save image As".
9. Sebaiknya hindari membeli barang BM (black market) yang dijual murah karena niat anda membeli barang murahlah yang digunakan penipu sehingga menjadikan anda mangsa.
10. Jika penjual hanya menggunakan facebook dan twitter sebaiknya cek berapa banyak temannya dan keaslian akun dapat dipantau dari update statusnya sehari-hari. Salah satu Toko Online Facebook yang benar kerjasama antara onigi, jaknot dan quarter bisa dilihat Di QC STORE

Demikian beberapa jurus menghindari penipuan dan jika ada tambahan akan saya update.

No comments:

Post a Comment